Sabtu, 28 Maret 2015

Aneka Manfaat Ketela Ungu

a. Manfaat untuk kesehatan


Berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh berbagai kalangan pemerhati manfaat obat herbal, ternyata di dalam ketela ungu segar terdapar zat antosianin. Zat  ini berfungsi sebagai anti-oksidan, anti-kanker, anti-bakteri yang mampu melindungi organ hati dari kerusakan, mencegah serangan jantung, hingga stroke akibat penyumbatan kolesterol di pembuluh darah. Tidak hanya itu, ketela ungu juga mengandung vitamin E, vitamin C, dan betakaroten yang menpunyai fungsi sebagai anti-oksidan dan bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan berbagai penyakit kardiovaskular. Ketela ungu juga mengandung serat halus dan serat kasar serta pectin yang berfungsi memperlancar system pencernaan sehingga terhindar dari masalah sembelit dan wasir sehingga tidak menggangu acara kita saat ke belakang, lancar dan sukses.



Nah..sebagai anti-kanker, ketela ungu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena ketela ungu ini memiliki atau mengandung zat selenium dan iodin dua puluh kali lebih tinggi disbanding jenis ketela atau ubi lain yang berfungsi sebagai sel anti kanker. sebagai informasi bahwa ketela ungu memiliki zat anti bakteri yang lebih tinggi dibanding varietas blueberry. Ketela ungu juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi karena ketela ungu merupakan sumber karbohidrat tinggi yang kaya akan serat sehingga makanan ini sangat disarankan bagi orang yang menderita diabetes.


b. Manfaat untuk kecantikan 





Manfaat ketela ungu lain adalah baik digunakan untuk merawat kecantikan kulit kita agar penampilan selalu cerah dan cantik. Hal ini karena kandungan karotenoid yang ada pada ketela ungu sangat efektif sebagai anti-aging atau anti penuaan dini karena zat ini akan bekerja melawan radikal bebas pada tubuh untuk meningkatkan imunitas ditingkat sel. Nah... tidak hanya itu, kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada ubi jalar akan memproduksi kolagen dalam tubuh sehingga berperan aktif menjaga kekencangan kulit dan tidak mudah keriput.
c. Manfaat untuk memperkaya cita rasa kuliner
Makanan yang bisa dikonsumsi dengan cara yabg bervariasi misalnya digoreng, direbus, dibakar, dijadikan pudding dan lain sebagainya. Rasanya yang manis tidak akan menyebabkan penyakit diabetes karena rendah kalori. Dalam mengonsumsi ubi ungu juga harus terkontrol dan sesuai dengan porsinya agar manfaat ubi ungu bisa dirasakan dan didapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar